Minggu, 04 Januari 2015

Perkuliahan dengan Jurusan Yang Menjanjikan Karir Mapan Dengan Gaji Tinggi

Standard


IMGP5397_Snapseed
Apa yang kamu harapkan setelah lulus kuliah? Tentunya kamu ingin mendapatkan pekerjaan favorit dengan gaji tinggi ‘kan? Tetapi apa kamu tahu, pilihan jurusan yang kau ambil saat kuliah berperan besar dalam mewujudkan keinginanmu itu. Karnanya sebelum memilih jurusan kuliah, ada baiknya kamu tahu lebih dulu jurusan atau program studi apa saja sih yang memiliki prospek bagus? Yang menjanjikan karir mapan dan gaji yang besar.
rihanna_stacked
Nah, ini dia daftar jurusan dengan prospek terbagus menurut Georgetown University yang mendata jurusan-jurusan yang tercatat memiliki rata-rata gaji tertinggi.

1. Petroleum Engineering ($120.000)

image.1806815319
Petroleum engineering adalah salah satu cabang engineering (teknik) yang kegiatannya berhubungan dengan produksi hidrokarbon yang bisa berwujud minyak atau gas mentah. Jadi, jika kamu kuliah dengan jurusan Petroleum Engineering, sudah pasti kamu akan mempelajari teknik produksi minyak atau gas alam ini.

2. Pharmacy Pharmaceutical Science and Administration ($105.000)

pharmacy
Jurusan yang satu ini fokus pada bisnis farmasi. Jika kamu memilih jurusan ini maka kamu akan belajar tentang fundamental ilmu farmasi termasuk farmakologi dan obat kimia. Selain itu kamu juga akan belajar anatomi tubuh dan fisiologi manusia, kimia, biologi, fisika dan kalkulus.

3. Mathematics and Computer Science ($98.000)

math-sci
Mathematics and Computer Science adalah cabang ilmu yang sangat penting dalam kurikulum pendidikan liberal dan untuk meneliti ilmu pengetahuan alam dan sosial. Jurusan ini menyiapkan mahasiswanya untuk karir profesional dalam area yang bervariasi seperti computational science and engineeringfinancial modelling dan bioinformatics di berbagai industri dari keamanan dan pertahanan negara sampai tioteknologi dan keuangan.

4. Aerospace Engineering ($87.000)

aerospace_engineers
Aerospace/Aeronautical/Astronautical Engineering merupakan sebuah program studi yang memfokuskan mahasiswa untuk belajar tentang ilmu penerbangan, baik untuk pesawat terbang ataupun pesawat luar angkasa. Jenjang pendidikan program ini terbuka mulai S1, S2 sampai S3.

5. Chemical Engineering ($86.000)

549121-39121-54
Chemical engineering adalah cabang dari engineering yang mengaplikasikan ilmu fisika (kimia dan fisika) dan ilmu makhluk hidup (bilogi, mikrobiologi dan biokimia) dengan matematika dan ekonomi untuk bidang produksi, transformasi, transportasi dan penggunaan molekul, kimia, material dan energi.

6. Electrical Engineering ($85.000)

power
Jurusan Electrical Engineering berfokus pada teknik listrik dan segala sesuatu yang berhubungan produksi dan pengelolaan tenaga listrik dan kelistrikan yang mana merupakan bagian yang sangat vital dalam kehidupan modern. Sebagaimana kita tahun dunia modern nyaris tak bisa dipisahkan dari yang namanya tenaga listrik. Sementara itu tenaga listrik itupun sendiri dapat dihasilkan dari berbagai sumber termasuk nuklir yang mana penggunaannya terus dikembangkan.

7. Naval Architecture and Marine Engineering ($82.000)

marine
Jika kamu memutuskan untuk kuliah dengan mengambi jurusan ini, Naval Architecture and Marine Engineering, maka kamu akan belajar tentang desain, konstruksi, perawatan/perbaikan serta cara kerja dan struktur kapal laut.

8. Mechanical Engineering ($80.000)

mechanical-engineering
Mechanical Engineering adalah disiplin ilmu teknik yang menerapkan prinsip teknik, fisika dan material science untuk analisis, desain, manufaktur dan perawatan sistem mekanis. Ini adalah cabang teknik yang melibatkan produksi dan penggunaan panas dan tenaga mesin untuk desain, produksi dan operaisi mesin dan peralatan. Mechanical engineering adalah salah satu cabang tertua dalam ilmu teknik.
Karena bidang teknik ini juga cukup vital dalam kehidupan, maka tak heran jika jurusan Mechanical Engineering memberikan prospek yang cerah terhadap lulusannya.

9. Metallurgical Engineering ($ 80.000)

home-081007_E-day_051
Cabang teknik yang satu ini memfokuskan pada ilmu material science dan material engineering yang mempelajari fisika dan elemen metal lainnya. Metallurgy juga bisa diartikan dengan teknologi metal. Jadi, jika kamu mengambil jurusan ini maka kamu akan memelajari teknologi yang berkaitan dengan pemanfaatan logam, yang mana cukup dominan dalam era modern seperti saat ini, terutama pada industri dan pekerjaan pengolahan logam.

10. Mining and Mineral Engineering ($80.000)

0faY6nV9Zp33V_1346
Jurusan ini menyiapkan lulusannya agar dapat bekerja di bidang teknik pertambangan dan mineral. Kesempatan karir tentunya terbuka luas dengan dibutuhkannya banyak tenaga ahli untuk mengelola dan mengoptimalkan pertambangan dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh manusia.
Itulah kesepuluh jurusan yang dianggap sebagai jurusan dengan prospek paling cerah. Seperti yang kita tahu dari 10 daftar pekerjaan tersebut, 8 diantaranya adalah jurusan teknik (Engineering). Memang cabang ilmu yang sifatnya lebih praktikal seperti ini cenderung memberikan kemudahan untuk lulusannya mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Akan tetapi bagi yang kurang menyukai bidang teknik atau merasa kurang mampu dalam bidang teknik, tentu tak perlu berkecil hati karena segala bidang sebenarnya akan berhasil dengan baik jika kita melakukan dengan baik pula.
Jangan hanya karena mengejar prospek karir yang menjanjikan maka kita memaksakan diri untuk masuk ke dalam jurusan teknik yang mungkin kurang cocok untuk kita. Ingat, sebagus apapun bidang teknik kalau kamu tak bisa mempelajarinya dengan baik juga akan sama saja. Daftar di atas hanya sebagai pengetahuan tambahan bagi kamu yang ingin kuliah. Dan tentunya, semuanya kembali pada dirimu sendiri. Pilihlah yang terbaik dan lakukan yang terbaik maka kamu pun akan mendapatkan yang terbaik.
Professional-runner-up-Love-Your-Job
sumber : http://konsultanpendidikan.com/

0 komentar:

Posting Komentar