PENGERTIAN
Multimedia adalah penggunaan komputer untuk
menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, audio dan video dengan alat
bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi,
berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia
informatika. Selain dari dunia informatika,
multimedia juga diadopsi oleh dunia game, dan juga untuk membuat website.
Multimedia dimanfaatkan juga
dalam dunia pendidikan dan bisnis.
Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran,
baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri atau otodidak. Di dunia bisnis,
multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan,
profil produk, bahkan sebagai media kios
informasi dan pelatihan dalam
sistem e-learning.
Pada awalnya multimedia hanya mencakup
media yang menjadi konsumsi indra penglihatan (gambar diam, teks, gambar gerak
video, dan gambar gerak rekaan/animasi), dan konsumsi indra pendengaran (suara)
dan juga berupa ( berwujud). Dalam perkembangannya multimedia mencakup juga
kinetik (gerak) dan bau yang merupakan konsumsi indra penciuman. Multimedia
mulai memasukkan unsur kinetik sejak diaplikasikan pada pertunjukan film 3
dimensi yang digabungkan dengan gerakan pada kursi tempat duduk penonton.
Kinetik, dan film 3 dimensi membangkitkan sense realistis.
PEMANFAATAN
MULTIMEDIA
Multimedia
memiliki banyak manfaat dalam semua bidang kehidupan manusia. Di bidang bisnis,
multimedia dimanfaatkan sebagai iklan yang kreatif untuk menarik konsumen.
Selain itu dengan multimedia, informasi yang disampaikan menjadi lengkap dan
mudah dimengerti. Berikut ini pemanfaatan multimedia di berbagai bidang :
A. Bidang
Kesehatan dan Kedokteran
Dengan
multimedia dokter dapat menganalisa penyakit pasien dan memantau kondisi pasien
lewat detak jantung, aliran darah, permukaan paru-paru melalui tampilan monitor . Pengunaan sinar X
untuk scanning tubuh manusia dapat ditampilkan pada layar monitor. Selain itu, objek-objek yang sangat kecil
(berukuran nano) dapat dilihat melalui mikroskop yang terhubung ke komputer.
Hal lain yang dapat dilakukan dengan pemanfaatan multimedia antara lain menyimpan
riwayat penyakit pasien, penggajian karyawan RS dan mengelola persediaan
obat-obatan.
B. Bidang
Pendidikan
Multimedia sangat membantu dalam
dunia pendidikan dikarenakan beberapa hal berikut :
1. Multimedia
dapat menampilkan objek biologi yang sangat kecil untuk dapat dilihat dan
dipelajari.
2. Multimedia
dapat menampilkan objek yang sangat besar dan jauh seperti planet, system tata
surya, bentuk gunung, dataran tinggi dan lainnya.
3. Multimedia
dapat menampilan animasi dari objek yang bergerak.
4. Multimedia
dapat menambah daya tarik siswa untuk mengamati berbagai objek.
Oleh karena hal-hal tersebut,
keuntungan dan manfaat multimedia di bidang pendidikan cukup banyak antara lain
:
1. Multimedia
dapat membantu siswa dalam mengingat dan mengerti pelajaran.
2. Multimedia
menyampaikan isi pelajaran dengan canggih dan berkesan.
3. Multimedia
dapat menampilkan dan memberikan pengetahuan
secara teks maupun gambar animasi tentang objek-objek yang sulit kepada
siswa.
4. Multimedia
mampu menunjukkan dunia sekitar yang kaya dengan ilmu pengetahuan
5. Multimedia
dapat membuat siswa menjadi tertarik, senang pada pelajaran sehingga proses
belajar siswa tidak membosankan.
6. Multimedia
dapat membuat terjadinya interakti antara siswa dengan teknologi terkini.
7. Multimedia
memberi peluang kepada guru untuk mengubah kaidah pengajaran.
8. Multimedia
dapat membuat siswa menjadi lebih aktif, kooperatif, interaktif baik dengan
guru maupun dengan siswa lain.
C. Bidang
Bisnis
Multimedia
mempunyai peranan penting dalam bidang bisnis karena dapat digunakan sebagai
alat promosi. Dengan promosi yang inovatif , kreatif dan interaktif , daya saing sebuah produk
menjadi lebih tinggi. Multimedia
memiliki kelebihan untuk menarik indera dan minat, karena merupakan gabungan
antara pandangan, suara, dan gerakan. Pemasaran sebuah produk akan lebih cepat
dan efektif dengan penampilkan sebuah iklan yang menarik dan mudah dimengerti.
Selain itu, multimedia juga digunakan dalam menampilkan grafik dan angka
perkembangan saham, jangkauan pemasaran , data rahasia perusahaann dan
informasi mengenai klien bisnis.
D. Bidang
Teknik
Di bidang
teknik, multimedia dimanfaatkan dalam berbagai aplikasi dan software simulasi
yang berbasis teknik. Simulasi yang digunakan dapat menampilkan objek-objek dua
dimensi dan tiga dimensi yang dapat membantu di bidang teknik industri, mesin
dan sipil. Sementara di bidang elektro, multimedia dapat menampilkan objek
komponen beserta karakteristiknya serta dapat menunjukkan hasil dari simulasi
rangkaian berupa tampilan gelombang , angka dan persamaan matematis.
E. Bidang
Ilmu Pengetahuan dan Penelitian
Dalam
matematika dan penelitian ilmiah, multimedia dipakai terutama untuk modelling
dan simulasi. Sebuah objek (zat atau makhluk hidup) yang baru ditemukan dapat
disimulasikan dalam bentuk model untuk diteliti dan dikembangkan. Objek-objek
tersebut dapat diteliti dengan mempelajari tekstur, ukuran, dimensi dan
karakternya dalam bentuk multimedia berupa gambar, animasi dan bahkan suara.
F. Bidang
Seni dan Hiburan
Multimedia
banyak digunakan dalam industri hiburan, khususnya untuk memberikan efek khusus suara dan gambar dalam film dan
animasi. Multimedia juga dimanfaatkan pada aplikasi dan game. Pengguna
diberikan fasilitas untuk mengkontrol gerak animasi dalam game. Di kehidupan
sehari-hari multimedia dimanfaatkan dengan penggunaan DVD player dan MP3/MP4
player yang dapat menyuguhkan hiburan film, musik dan karaoke. Selaim
itu berita-berita yang dimuat di televisi dan internet bukan hanya berupa teks
namun berisi gambar, video atau bahkan animasi dari sebuah simulasi kejadian.
G. Bidang
Tranportasi dan Komunikasi
Di bidang
Tranportasi, multimedia digunakan untuk menampilkan sistem navigasi sebuah
pesawat atau kapal laut. Pada navigasi kapal laut bisa ditentukan koordinat dan arah gerak
kapal. Untuk sistem navigasi pesawat dapat ditentukan ketinggian pesawat, kondisi
cuaca dan kecepatan angin pada monitor sistem navigasi. Sementara di darat, jalur kereta serta
pergerakan kereta dapat dimonitoring dalam suatu tampilan monitor di ruang
kendali pusat. Selain itu, dengan multimedia , kita dapat mengetahui kondisi
jalan dan posisi kita berada dalam suatu sistem yang disebut GPS (Global
Positioning System). GPS memungkinkan pengguna untuk melacak posisi kendaraan,
armada ataupun mobil dalam keadaan Real-Time. GPS Tracking memanfaatkan
kombinasi teknologi GSM dan GPS untuk menentukan koordinat sebuah obyek, lalu
menerjemahkannya dalam bentuk peta digital. Informasi yang didapat dari GPS
dapat dilihat dan disimpan dalam ponsel atau komputer.
Multimedia
dimanfaatkan dalam bidang komunikasi untuk mempermudah manusia bertukar informasi.
berbagai macam objek dapat diolah dan dikirim dengan kemudahan melalui ponsel
dan komputer. Sebuah objek multimedia dapat dikirim dengan cepat dan mudah
melalui fasilitas MMS pada ponsel. Bahkan sekarang ponsel-ponsel berbasis
android sangat mudah dalam pengiriman pesan multimedia.
MULTIMEDIA
UNTUK APLIKASI UMUM
Pengaruh
multimedia sangat besar dan berkembang secara pesat di masyarakat umum. Hal ini
dikarenakan kemudahan yang ditawarkan multimedia pada semua bidang kehidupan
manusia. Dengan multimedia, informasi yang ingin disampaikan akan lebih jelas,
menarik, mudah dan efektif. Selain itu
penggunaan multimedia cukup mudah untuk dipelajari bagi masyarakat awam
sekalipun. Jika diamati lebih lanjut, dewasa ini masyarakat bahkan lebih cerdas
dalam mengunakan multimedia. Kemudahan multimedia membuat masyarakat lebih
tertarik menggunakan jasa internet untuk memasang iklan atau bahkan belanja
On-line. Pembeli tidak perlu repot pergi keluar rumah untuk mencari barang atau
jasa yang diinginkan. Di bidang pendidikan, guru tidak perlu repot-repot
mendemonstrasikan dengan gambar di papan tulis untuk menjelaskan suatu materi
pelajaran yang rumit dan sulit dijelaskan dengan kata-kata. Guru cukup
menggunakan proyektor yang terhubung dengan komputer atau laptop untuk
memberikan penjelasan melalui gambar, video dan animasi. Mudah dan
menguntungkan bukan?
Kemudahan informasi yang didapat
dari media internet membuat masyarakat lebih memilih untuk mencari berita dan
artikel dari internet. Selain lebih menarik karena dilengkapi fasilitas
multimedia (video, gambar dan animasi), berita yang didapat dari internet
bersifat lebih up to date. Bukan hanya itu, membaca berita dari internet akan
lebih murah dibanding dengan cost yang dikeluarkan dari membaca koran. Tentunya
ini sangat baik dalam meningkatkan minat baca masyarakat karena wacana atau
berita yang disuguhkan tentu jauh lebih beranimasi dan mudah dimengerti jika
dibandingkan dengan wacana dari media massa. Bisa dibayangkan tentunya mana
yang lebih menarik antara berita yang
menyajikan teks dan gambar saja dibandingkan dengan berita yang menghadirkan
teks , gambar, suara, video, simulasi
kejadian dan animasi-animasi cerdas.
Tentu dengan bijak masyarakat akan memilih opsi kedua.
Dibalik kemudahan-kemudahan yang
ditawarkan dari keberadaan multimedia dan internet tentu ada sisi negatif. Dari
sisi negatif inilah yang apabila masyarakat tidak cerdas untuk menghindarinya
akan menimbulkan masalah bagi mereka sendiri. Beberapa hal negatif yang
diakibatkan dari penyalahgunaan multimedia internet antara lain
penipuan,pornografi, perjudian, pembobolan rekening dan lain-lain. Tentunya
diwajibkan untuk masyarakat lebih cerdas dalam penggunaan multimedia dan
internet.
Selain media internet,
masyarakat dapat memanfaatkan televisi untuk mendapatkan informasi dan hiburan.
Televisi juga termasuk salah satu alat multimedia, bukan? Dari televisi
masyarakat dapat menikmati berbagai
jenis element multimedia seperti video, gambar , suara dan teks. Dari televisi
, masyarakat dapat menikmati hiburan dan mendapatkan ilmu pengetahuan. Namun
dengan adanya televisi terkadang orang
menjadi lupa waktu dan mudah terpengaruh akan cerita-cerita yang ditayangkan.
Hal tersebut dapat menyebabkan kebodohan. Sama seperti halnya televisi,
internet pun dapat membuat orang lupa waktu dan menjadi bodoh.
Multimedia dan internet , antara
keduanya memiliki keterkaitan yang sangat erat dan sangat dibutuhkan masyarakat
dalam era yang serba cepat dan tepat. Multimedia dimanfaatkan para pelaku
bisnis untuk iklan , pemasaran, demo produk dan katalog. untuk lebih jelasnya
akan dijajabarkan beberapa aplikasi umum menggunakan multimedia.
1. Bisnis
Aplikasi multimedia dalam bisnis
meliputi periklanan, pemasaran, presentasi, demo produk, database, dan
komunikasi jaringan. Selain itu ada pelaku bisnis tetap dapat melakukan diskusi
dengan rekan bisnisnya dengan memanfaatkan video conference, yang
memungkinkan adanya tatap muka
tanpa harus berada didalam suatu tempat yang sama. Dengan adanya aplikasi
multimedia inilah, perusahaan – perusahaan dapat menjalani bisnisnya lebih
lancar.
2. Pendidikan
Dengan multimedia , guru dapat
menggunakan tutorial yang berisi gambar, video , animasi dan wacana untuk
memberikan materi. Dengan cara seperti ini mengubah proses belajar mengajar yang
konvensional menjadi lebih menarik dan interaktif, sehingga proses belajar –
mengajar tidak terlalu monoton. Selain itu ada juga fasilitas simulasi dan
E-learning yang dapat membantu siswa dan pengajar dalam mensimulasikan hal-hal
yang sulit.
3. Rumah
Di rumah banyak media elektronik
yang dapat menyuguhkan elemen -elemen multimedia antara lain televisi, DVD
player, VDC player, video game ( Playstation, Sega, Nintendo, X box), dan
komputer tentunya. Penggunaan multimedia di rumah selain untuk hiburan yang
positif yaitu untuk media pembelajaran serta media pemersatu anggota keluarga.
Dengan menonton TV atau video bersama- sama dengan semua anggota keluarga (
Orang tua dan anak) tentu akan mendekatkan ikatan keluarga serta membantu
pengawasan dalam penggunaan multimedia.
4. Tempat umum
Melalui internet dan fasilitas
multimedia , masyarakat akan dengan mudah menemukan informasi suatu tempat umum
baik secara letak, kondisi jalan dan kondisi cuaca. Selain itu, aplikasi multimedia di tempat umum dapat
berupa kios informasi seperti yang terdapat pada hotel-hotel, pusat
perbelanjaan, museum, pusat hiburan dan sebagainya. aplikasi-aplikasi tersebut
dapat berguna untuk memberikan informasi-informasi dan bantuan mengenai tempat
yang bersangkutan.
INTERNET
BASED
Sebelum membahas
tentang internet based kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu internet.
Internet merupakan singkatan dari interconnected computer networks atau bisa
didefinisikan sebagai jaringan komputer yang tiada batas yang menjadi
penghubung pengguna komputer satu dengan pengguna komputer yang lainnya serta
dapat berhubungan komputer di sebuah wilayah ke wilayah di penjuru dunia,
dimana di dalam jaringan tersebut mempunyai berbagai macam informasi serta
fasilitas layanan internet browsing atau surfing. Istilah ini lebih dikenal
dengan online di internet. Secara harfiah internet ialah sistem golobal dari
seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar internet
protocol suite (TCP/IP) untuk melayani milyaran pengguna di seluruh dunia.
Pengertian internet menurut para
ahli :
Lani Sidharta, menyatakan bahwa
internet adalah suatu interkoneksi sebuah jaringan komputer yang memberikan
layanan informasi secara lengkap, dan terbukti bahwa internet dilihat sebagai
media maya yang dapat menjadi rekan bisnis, politik, sampai hiburan. Semuanya
tersaji lengkap didalam media ini.
Khoe Yao Tung menyatakan bahwa
internet adalah jaringan yang satelit komunikasi yang fungsinya sangat beragam
dan tentu merupakan pendukung internet di seluruh dunia.
Internet memiliki sejarah yang
panjang dari awalh ditemukannya sampai saat ini. Sejak ditemukan skitar tahun
1969, internet mengalami banyak pengembangan dan perbaikan hingga akhirnya bisa
seperti saat ini. Internet juga memiliki suatu sistem yang menghubungkan antara
komputer satu dengan komputer yang lainnya yang masing-masing terpisah oleh
suatu jarak dan harus berinteraksi baik secara synchronous maupun
asynchronous.Synchronous adalah suatu sistem dimana interaksi atara
komponen-komponen yang saling berhubungan, dapat terjadi secara bersamaan datau
real time. Asynchronous adalah proses interaksi yang tidak terjadi dalam waktu
yang bersamaan.
Jadi Internet Based adalah suatu
sistem atau proses yang menghubungkan penguna internet dengan berbagai macam
sumber pengetahuan yang saling berinteraksi baik secara synchronous maupun
asynchronous berbasis teknologi informasi dengan antarmuka web. Mungkin agak
sedikit rancu tentang kata web, coba saya jelaskan sedikit tentang web.
Web adalah sebuah penyebaran informasi
melalui internet. Sebenarnya antara www (world wide web) dengan web adalah sama
karena kebanyakan orang menyingkat www mencadi web saja. Web merupakan hal yang
tidak dapat dipisahkan dari dunia internet. Melalui web, setiap pemakai
internet bisa mengakses informasi-informasi di situs web yang tidak hanya
berupa keks, tetapi juga dapat berupa gambar, suara, filem, animasi dan
lain-lain. Web merupakan kumpulan-kumpulan dokumen yang banyak tersebar di
beberapa komputer server yang berada diseluruh penjuru dunia dan terhubung
menjadi satu jaringan melalui jaringan yang disebut internet.
SUMBER
:
0 komentar:
Posting Komentar