PENGERTIAN
Komputer adalah alat yang dipakai untuk
mengolah data menurut prosedur yang
telah dirumuskan. Kata computer pada awalnya dipergunakan
untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmetika,
dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada
mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif
berhubungan dengan masalah aritmetika, tetapi komputer modern dipakai untuk
banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
Dalam arti seperti itu terdapat alat seperti slide rule,
jenis kalkulator mekanik mulai
dari abakus dan
seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang
kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti
"komputer" adalah "yang mengolah informasi"
atau "sistem pengolah informasi."
Selama bertahun-tahun sudah ada beberapa arti yang berbeda dalam kata
"komputer", dan beberapa kata yang berbeda tersebut sekarang disebut
sebagai komputer.
Kata computer secara umum pernah dipergunakan untuk
mendefiniskan orang yang melakukan perhitungan aritmetika, dengan atau tanpa
mesin pembantu. Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology,
kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk
"orang yang menghitung" kemudian menjelang 1897 juga digunakan
sebagai "alat hitung mekanis". Selama Perang Dunia II kata tersebut
menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika
Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri
perang dengan mesin hitung.
Charles Babbage mendesain salah satu mesin
hitung pertama yang disebut mesin analitikal. Selain itu, berbagai alat mesin
sederhana seperti slide rule juga sudah dapat dikatakan
sebagai komputer.
JNEIS
Sekalipun
demikian, definisi di atas mencakup banyak alat khusus yang hanya bisa
memperhitungkan satu atau beberapa fungsi. Ketika mempertimbangkan komputer
modern, sifat yang paling membedakan mereka dari alat penghitung yang terdahulu
ialah dengan pemrograman yang
benar, semua komputer dapat mengemulasi sifat
apa pun (meskipun barangkali dibatasi oleh kapasitas penyimpanan dan kecepatan
yang berbeda), dan, memang dipercaya bahwa mesin sekarang bisa meniru alat
perkomputeran yang akan diciptakan manusia pada masa depan (meskipun niscaya
lebih lambat). Dalam suatu pengertian, batas kemampuan ini adalah tes yang
berguna karena mengenali komputer "maksud umum" dari alat maksud
istimewa yang lebih awal. Definisi dari "maksud umum" bisa
diformulasikan ke dalam syarat bahwa suatu mesin harus dapat meniru Mesin Turing universal.
Mesin yang mendapat definisi ini dikenal sebagai Turing-lengkap, dan yang pertama kali
muncul pada tahun 1940 di tengah kesibukan perkembangan di seluruh dunia. Lihat
artikel sejarah perkomputeran untuk lebih
banyak detail periode ini.
Persfektif Historis
Secara
historis komputer mengalami beberapa perkembangan sejak pertama kali
diciptakan, yaitu :
1. Komputer Generasi Pertama (1946 – 1959)
§
Program hanya dapat dibuat dengan
bahasa mesin (Machine Language).
§
Menggunakan konsep stored-program
dengan memori utamanya adalah magnetic core storage .
Contoh
dari komputer generasi pertama, adalah :
§
ENIAC (Elektronic Numerical
Integrator And Calculator) dimulai tahun 1942.
§
HARDVARD MARK II dibuat pada bulan
juli tahun 1947 dan mempunyai kemampuan 12 kali lebih besar daripada HARDVARD
MARK II.
2. Komputer Generasi Kedua (1959 – 1964)
§
Komponen yang digunakan adalah
transistor untuk sirkuitnya, dikembangkan di Bell Laboratories oleh John
Bordeen, William Shockley dan Wolther Brattain pada tahun 1947.
Contoh
dari komputer generasi kedua, adalah : IBM model 1620, IBM model 1401, dll.
3. Komputer Generasi Ketiga (1946 – 1970)
§
Komponen yang digunakan adalah IC
(Integrated Circuit) yang berbentuk Hybrid Integrated Circuit dan Monolithic
Integrated Circuit.
Contoh
dari komputer generasi ketiga, adalah : IBM S/370 dan UNIVAC 1106
4. Komputer Generasi Keempat (1970 – 1990)
§
Penggunaan Large Scale Integration
(LSI) disebut juga dengan nama Bipolar Large Scale Integration.
§
Dikembangkan komputer Mikro yang
menggunakan Micro Processor dan Semi Conductor yang berbentuk Chip untuk memori
komputer generasi sebelumnya masih menggunakan Magnetic Core Storage.
5. Komputer Generasi Kelima (mulai 1990-an)
§
Komputer ini sedang dalam
pengembangan komponen yang digunakan adalah VLSI (Very Large Scale Integration)
§
Teknologi yang kemungkinan bisa
menggantikan Chips
§
Dapat menterjemahkan bahasa manusia
dan manusia dapat bercakap-cakap langsung dengan komputer.
Klasifikasi Arsitektur Komputer
Pada
komputer terdapat berbagai klasifikasinya dalam hal apapun. Setiap komputer
tentunya memilik klasifikasi masing-masing. Disini membahas mengenai
klasifikasi arsitekturnya menurut Von Neumann dan Non Von Neumann.
Kriteria
mesin Von Neumann :
1. Mempunyai subsistem hardware dasar yaitu sebuah CPU, sebuah
memori dan sebuah
I/O sistem.
I/O sistem.
2. Merupakan stored-program computer
3. Menjalankan instruksi secara berurutan
4. Mempunyai jalur (path) bus antara memori dan CPU
Pada
tahun 1966, Flyyn mengklasifikasikan arsitektur komputer berdasarkan sifatnya
yaitu :
1. Jumlah prosesor
2. Jumlah program yang dapat dijalankan
3. Struktur memori
Menurut
Flyyn ada 4 klasifikasi komputer :
1. SISD (Single Instruction Stream, Single Data Stream)
Satu
CPU yang mengeksekusi instruksi satu persatu dan menjemput atau menyimpan data
satu persatu.
2. SIMD (Single Instruction Stream, Multiple Data Stream)
Satu
unit kontrol yang mengeksekusi aliran tunggal instruksi, tetapi lebih dari satu
Elemen Pemroses.
3. MISD (Multiple Instruction Stream, Single Data Stream)
Mengeksekusi
beberapa program yang berbeda terhadap data yang sama. Ada dua kategori :
§
Mesin dengan Unit pemroses berbeda
dengan instruksi yang berbeda dengan data yang sama (sampai sekarang tidak ada
mesin yang seperti ini).
§
Mesin, dimana data akan mengalir ke
elemen pemroses serial.
4. MIMD (Multiple Instruction Stream, Multiple Data Stream)
Juga
disebut multiprocessors, dimana lebih dari satu proses dapat dieksekusi berikut
terhadap dengan datanya masing-masing,
Kualitas Arsitektur Komputer
Kualitas
arsitektur komputer merupakan suatu yang menentukan komputer itu baik atau
tidak. Komputer dikatakan baik jika memiliki kualitas yang baik dalam hal
apapun. Begitu juga komputer dikatakan tidak baik jika komputer tersebut tidak
dapat memenuhi apa yg diperintahkan atau diinginkan pengguna. Hal yang dipenuhi
inilah yang disebut dengan kualitas. Adapun kualitas arsitektur komputer yaitu
:
1. Generalitas
Generalitas
adalah ukuran besarnya jangkauan aplikasi yang bisa cocok dengan arsitektur.
dan komputer yang terutama digunakan untuk aplikasi bisnis menggunakan
aritmetik decimal. Sistem umum memberikan dua jenis aritmetik. Salah satu
pembahasan utama oleh kalangan peneliti komputer selama tahun 1980-an adalah
persoalan bagusnya generalitas. Salah satu argumen komersial dalam menerapkan
generalitas adalah bahwa, karena ia menyebabkan perancangan komputer menjadi
sulit, perusahaan yang melakukan perancangan tersebut bisa mengurangi peniruan
rancangan oleh perusahaan lain.
2. Daya Terap
Daya
terap (applicability) adalah pemanfaatan arsitektur untuk penggunaan yang telah
direncanakannya. Buku ini membahas komputer yang terutama dirancang untuk satu
dari dua area aplikasi utama : (1) aplikasi ilmiah dan teknis dan (2) aplikasi
komersil biasa. Aplikasi ilmiah dan teknis adalah aplikasi yang biasanya untuk
memecahkan persamaan kompleks dan untuk penggunaan aritmetik floating point
ekstensif.
3. Efisiensi
Efisiensi
adalah ukuran rata-rata jumlah hardware dalam komputer yang selalu sibuk selama
penggunaannya biasa. Arsitektur yang efisien memungkinkan (namun tidak
memastikan) terjadinya implementasi yang efisien. Salah satu sifat arsitektur
yang efisien adalah bahwa ia secara relatif cenderung sederhana. Karena untuk
merancang sistem yang kompleks secara benar begitu sulit, maka kebanyakan komputer
mempunyai sebuah komputer inti (core computer) efisien yang sederhana, yaitu
CU.
4. Kemudahan Penggunaan
Kemudahan
penggunaan arsitektur adalah ukuran kesederhanan bagi programmer sistem untuk
mengembangkan atau membuat software untuk arsitektur tersebut, misalnya sistem
pengoperasiannya atau compilernya. Oleh karena itu, kemudahan penggunaan ini
merupakan fungsi ISA dan berkaitan erat dengan generalitas.
5. Daya Terap
Dua
ukuran yang terakhir daya tempa dan daya kembang umumnya berlaku untuk
implementasi komputer dalam satu rumpun. Daya terap arsitektur adalah ukuran
kemudahan bagi perancang untuk mengimplementasikan komputer (yang mempunyai
arsitektur itu) dalam jangkauan yang luas. Pada Apple Macintosh atau IBM PC AT,
spesifIkasi arsitekturnya jauh lebih lengkap, sehingga semua implementasi
hampir sama.
6. Daya Kembang
Daya
kembang (expandability) adalah ukuran kemudahan bagi perancang untuk
meningkatkan kemampuan arsitektur, misalnya kemampuan ukuran memori maksimumnya
atau kemampuan aritmetiknya. Dalam hal ini, daya kembang juga berkaitan dengan
jumlah CPU yang dapat digunakan oleh system secara efektif. Barrier (penyangga)
pada komputer yang mempunyai CPU lebih dari satu umumnya tidak jelas. Jika
programmer sistem mendapatkan kesulitan untuk menyinkronkan CPU-CPU, rnisalnya,
maka sinkronisasi ini secara efektif akan membatasi jumlah CPU yang dapat
digunakan sistem.
Keberhasilan Arsitektur Komputer
1 . Manfaat Arsitektural
Ada
empat ukuran pokok yang menentukan keberhasilan arsitektur, yaitu manfaat
arsitekturalnya (architectural merit) :
§
Daya terap Sebaiknya,
arsitektur ditujukan untuk aplikasi yang telah ditentukan.
§
Daya tempa. Bila
arsitekturlebih mudah membangunsistem yang kecil, maka ia akan lebih
baik.
§
Daya kembang. Lebih besar daya
kembang arsitektur dalam daya komputasi, ukuran
memori, kapasitasI/O, dan jumlah prosesor,maka ia kan lebih baik.
§
Kompatibilitas (daya
serasi-pasang).
2. Keterbukaan Arsitektur
Arsitektur
dikatakan open (terbuka) bila perancangnya mempublikasikan spesifikasinya.
3.
Keberadaan model pemrograman yang kompatibel don bisa dipahami.
Beberapa
komputer yang berparalel tinggi begitu sulit untuk digunakan, sehingga ia hanya
menjadi daya tarik bagi para analis untuk menemukan cara baru untuk
menggunakannya.
4.
Kualitas implementasi awal.
Ada
beberapa komputer yang nampaknya merupakan mesin yang baik, yang mempunyai
software dan sifat operasional yang baik.
5.
Kinerja Sistem
Kinerja
sistem sebagian ditentukan oleh kecepatan komputer. Untuk mengukur kinerja
komputer, para arsitek menjalankan serangakian program yang standart, yang
disebut benchmark,pada komputer. Benchmark ini memungkinkan arsitek untuk
menentukan kecepatan relatif dari semua komputer yang menjalankan benchmark
tersebut dan menentukan kecepatan absolute dari tiap komputer. Hasilnya
bermanfaat bagi arsitek untuk melaporkan kinerja sistem dengan menggunakan
berbagai performance metrics (metrik kinerja).
6.
Biaya Sistem
Bagian pokok dari biaya sistem
computer adalah biaya peralatan logika dasarnya, yang sangat bervariasi dari
peralatan satu dengan yang lainnya. beberapa aplikasi dengan metrik
tersebut diperlukan adalah :
§ Reliabilitas (keandalan) adalah sangat diperlukan oleh
computer yang digunakan untuk mengontrol penerbangan, mengontrol kearnanan
instalasi nuklir, atau kegiatan apa saja yang mempertaruhkan keselarnatan
manusia.
§ Kemudahan perbaikan khususnya penting bagi komputer
yang mempunyai jumlah komponen yang besar.
SUMBER :
https://id.wikipedia.org/wiki/Komputer
0 komentar:
Posting Komentar